Keraguan dan Keyakinan Sepihak

Banyak kalangan yang beranggapan bahwa apa yang diyakini belum tentu benar. Bahkan ada sebagian orang menganggap bahwa ndak perlu keyakinan untuk membenarkan, Dari yakin banyak orang percaya bahwa fakta itu benar-benar diyakini. Itulah namanya keyakinan atas klaim. Orang mengkalim bahwa suatu fakta yang dia lihat dan dia amati itu benar. Namun saat apa yang diyakini itu salah, maka keraguan yang muncul. Inilah kenapa keyakinan dan keraguan dikatakan tidak terbatas oleh penggalang, meski antonim adalah padanaanya. keyakinan dan keraguan itu berdampingan.

Orang yakin akan suatu kebenaran,namun ketika kebenaran menuntut ia untuk berbuat membenarkan, ia mengalami keraguan. Karena merasa bahwa benar itu sesuai dengan hati, hal yang membuatnya nyaman dan mudah itu lah yang dianggap benar. Keraguan dan keyakinan sepihak adalah orang hanya mau meyakini apa yang membuatnya mudah, namun ragu saat kebenaran itu menuntut. yakin dengan pa yang menurutnya benar dan ragu dengan apa yang menyulitkan dia.

Yakin itu mencari tahu kalau kebenaran itu tak meragukan dan melakukannya kalau itu membenarkan kita. Namun orang lebih yakin dengan kebenaran yang bersifat asumsi daripada keyakinan yang membenarkan. Keyakinan yang benar dan tidak ada keraguaan didalamnya, dan itu muncul nyata atas kasih sayang dan cahaya ilahiyah.

Sudah dasar mungkin atas manusia itu membenarkan dari, karena tidak mau dianggap orang lain bahwa ia salah. namun apabila atas dasar keyakinan yang sepihak menutup mata kita, Apa bendanya kita dengan fir’aun, yang meyakini bahwa kebenaran itu hanya miliknya..?? Orang yang meragukan atas peringatan itulah orang yang keraguaanya sepihak, ya.. hanya memihak dirinya sendiri… Kalau orang sudah ndak mau diperingatkan.. itulah dia dibutakan.. dibutakan oleh asumsi dan keyakinan yang sepihak..

Keyakinan itu lebih baik tidak berpihak.. bukan berpihak pada yang benar maupun pada yang yang salah, namun yakin terhadap kesalahan dan adanya peringatan untuk membenarkan, itulah keyakinan tanpa pihak..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: