Ketidak sengajaan yang disengaja

Good HabitMenjalani hidup sebagai panutan, atau mungkin hanya mengandai-andai menjadi panutan, bukanlah suatu hal yang mudah dan mungkin patut dibanggakan. Bukan karena derajat atau mungkin karena materinya, namun lebih kepada hal apa yang bisa diberi dan baik untuk dicontoh. Menjadi suatu hal yang bisa dicontoh membuat kita memperhatikan setiap tingkah polah dan perilaku kita, baik yang sadar maupun dibawah sadar.

Inilah yang paling sulit, yaitu menjaga perilaku dan amalan kita secara bawah sadar. Bawah sadar berarti sesuatu yang di luar kendali kesadaran kita, karena sudah ada di luar kesadaran, hal itu terjadi secara otomatis dan cepat. Itulah arti perbuatan tanpa kendali. Kita melakukan suatu hal baik atau buruk yang secara tidak sengaja namun kita ciptakan secara sengaja pada kebiasan kita yang lampau. Ketidak sengajaan yang disengaja.

Mungkin merupakan suatu perbadingan yang rumit. Bahwa air tidak bisa dicampur api atau bahkan minyak tidak bisa bercampur dengan air. Namun itulah padanannya, bahwa sesuatu yang benar-benar menjadi kontras akan bisa bercampur kalo kita sudah mencampurkan atau bahkan mengaduknya dari awal. Karena sesuatu hal itu akan lebih mudah larut kalau saja kita mengaduknya secara terus menerus dan lama.

Kalau itu perbuatan atau kebiasaaan yang baik ndak masalah. Namun kalau hal buruk bagaimana..??? Memang nasi sudah menjadi bubur, namun bubur tersebut akan terasa lebih nikmat jika kita menambahkan suatu hal baik didalamnya, misal irisan ayam, bawang goreng dan kerupuk gurih. Kebiasaan buruk kita kalau tidak bisa diubah tambahlah kebiasaaan baik, ini bukan menutupi keburukan dengan kebaikan, namun lebih kepada menghilangkan rasa bubur yang hambar dengan rasa gurih dan nikmat. Yaitu dengan menambah kebaikan dengan nantinya akan menghilangkan rasa amalan buruk kita, karena keburukan tidak akan pernah hilang selama kebaikan selalu ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: