Matang Merata

Dewasa ku ini membuat aku bingung akan tabiat ku dan sudut pandang ku, apakah aku memang sudah dewasa atau memang berlagak dewasa. Karena selama ini aku hanya merasa dewasa secara fisik namun belum dewasa secara batin. Perubahan yang tidak menyeluruh, mungkin itu tepatnya. Lari dari masalah, menutupi keburukan dengan kebaikan, merengek bila mendapat masalah yang berbeda, serta canggung dan bisa nya cuma ikut-ikutan. Ya benar ikut-ikutan, apabila orang lain makan permen, kepengen makan permen, apabila orang lain pergi tamasya, kepingin juga, padahal hal itu tidak dibutuhkan sama sekali.
Sulit memang menghilangkan kebiasaan buruk dan amalan buruk. Namun itu bukan berarti ndak mungkin. Memang awalnya aku cuma bisa ikut-ikutan, atau bahkan menyimpang dari ikutan tersebut, berganti ke panutan yang lain. Inilah yang disebut tidak stabil, hati memang mudah dibolak-balikkan secara cepat, bahkan hanya dengan melihat film hati kita yang semula keras dalam sekejap menjadi lunak bahkan cair luluh. Begitu juga sebaliknya, hati yang lembut bisa menjadi keras, bahkan tabiatnya bisa ganti, sudah fitrah mungkin hati tidak stabil, kadang naik kadang turun, kadang cepat kadang lambat, kadang senang kadang duka, tapi apakah kita mau dipermainkan keadaan.
Kalau membalik hati itu pilihan, mengapa kita tidak mebaliknya agar matang secara merata, klo satu sisi hati sudah matang, maka balikkan ke sisi yang lain agar matang merata.
Mungkin Itulah makna dewasa, suatu kondisi bahwa hati kita sudah matang merata, matang karena keadaan yang mematangkan, Jangan tunggu gosong untuk membalikkan suatu sisi, karena penyesalan itu pasti, membalik hati itu wewenang kita, bukan tungku api keadaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: