IT itu (tentang) manusia

IT itu tentang ManusiaTeknologi Informasi datang bak banjir bandang yang menerjang ke segala arah, masuk dan menuntut ke segala aspek kehidupan dan bidang profesi. Semakin pervasif nya Teknologi Informasi, membuat kita yang dulunya merasa enggan atau bahkan takut akan datangnya hal ini, sekarang, dirasa ketergantungan kita bila teknologi tersebut sudah rusak atau tidak bisa dipakai. Namun bukan itu pembahasan saya kali ini. sedikit saya review tentang Teknologi informasi karena banyak terjun dan berkecimpung dalam dunia ini bahkan menjadi trend, Mulai dari pendidikan dasar  sampai dengan menjadi pengajar IT sendiri, dari orang awam atau newbie sampai dengan mastah. Namun setelah beberapa tahun ini terasa agak aneh. Suatu hal yang dulu saya kira hanya suatu materi pembelajaran atau suatu cabang ilmu yang berkaitan dengan teknik dan How to, sekarang lebih luas fungsinya dan cakupannya.

dulu sekitar awal 2007, seseorang dengan kemampuan mengoperasikan suatu mesin komputer dengan aplikasi pengolah kata (MS word 2000) sudah dikatakan pandai dalam IT. Seorang yang bisa membuat suatu laporan dengan komputer bisa dikatakan sorang ahli dalam komputer. Sehingga model pembelajaran hanya ditekankan pada teknis dan step-by-step pengoperasian. Namun apakah ilmu yag berikan dulu. bisa dipake pada masa yang akan datang ? apakah teknis yang dulu dipelajari dalam suatu lembaga pendidikan IT bisa diterapkan pada masa sekarang ? Hal ini dapat disimpulkan bahwa skill ini bersifat temporer.

Seperti halnya suatu sistem operasi atau aplikasi program yang setiap tahun mengalami evolusi dan adanya patch (penambahan, pengurangan dan perbaikan fitur). Tidak ada ilmu teknis yang bersifat konstan, kerana IT terus berkembang. kenapa ? karena manusia tidak ada puasnya. Ini benar… IT berkembang dan diciptakan atas dasar kebutuhan manusia dan masalah yang terjadi diantar manusia itu sendiri. Tahun 2003 sudah cukup dengan sistem operasi GUI dengan persolan komputer atau PC desktop, sekarang teknologi mobile seperti smartphone, dan mobile user menjadi trend dan setiap kepala pasti menginginkan. Namun, saat ini teknologi lebih personal lagi. Kenapa personal ? kerana semakin bersifat private. apapun informasi yang dikehendaki bisa dipilih dan datang sendiri ke user.  Ini lah yang mendasari IT itu bukan tentang tool namun manusia.

Sosial media, suatu teknologi yang diciptakan tentang kita. ya.. karena dengan sosial media kita memiliki suatu media pribadi bahkan mempunyai dunia personal. teknologi Podcast (Personal On demand Broadcast ) suatu media yang kita gunakan untuk mendapatkan suatu multimedia streaming yang bisa memilih informasi apa yang dihendaki. Teknologi Internet, yang semulanya diciptakan untuk keperluan militer (baca: ARPANET) sekarang lebih ke suatu media interkoneksi yang penggunanya semakin hari semakin meningkat bahkan lebih dari jumlah manusia itu sendiri. Penggunaan internet setiap tahun semakin naik drastis, pola ini membuat suatu perubahan budaya bahkan cara pandang manusia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa itu semua tentang kita, Kita sebagai manusia atau subject teknologi yang mempengaruhi perkembangan dan pengurangannya. Booming-nya IT itu karena kita, arahnya pun kita yang menentukan, jangan sampai kita yang semula subject menjadi object. Karena saat ini banyak orang mengalami upgrade syndrome. Selalu dan selalu menginginkan suatu Tool baru agar tidak dikatakan cupu, atau kudet (kurang update). “Jor Jor-an” dalam beli suatu perangkat yang baru untuk mengikuti trend atau zaman (katanya..!!).  Disisi lain,  saat kita mempelajarinya dan ketika sudah cukup menguasai, muncul teknologi baru, sehingga kita harus kembali dari “0”, atau back to basic untuk mempelajari lagi.

Tidak ada kekekalan dalam suatu ilmu, yang ada semakin kita belajar, semakin kita tahu bahwa kita ini tidak tahu apa-apa. mungkin ini merupakan hal yang pas untuk belajar IT. Istilah “Belajar sepanjang hayat” akan sangat membantu bagi orang yang berkecimpung dalam dunia ini. Sebelum itu pahami betul diri kita, karena IT itu bukan tentang alat namun kita sebagai subject-nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: