Tips Saat kita merasa Galau

Ada kalanya kita terjatuh bahkan tersungkur. Adakalanya juga kita terjungkal dalam, serasa kenyataan bagaikan mimpi buruk atau bahkan hidup ini pun membuat kita menyesal untuk dilahirkan. Itulah yang dirasakan saat kita Galau. Istilah yang dulu belum ada hanya mungkin dengar istilah sedih saja. itu pun dibagi menjadi beberapa hal tergantung kejadian apa yang menimpa diri kita. Banyak orang khususnya anak muda (ciee…. kayak ndak pernah muda aja). Yah… penulis juga pernah muda lah.. klo ndak pernah bagaimana bisa menulis kayak gini. galau kan penyakit orang muda (ngeles… ^_^ ).

terkadang galau dijadikan suat trend. benar trend yang mudah untuk dibanggakan, suatu trend yang mudah untuk dijadikan alasan bahwa itu adalah hal yang wajar. (Wajar..???) kewajaran karena banyak orangyang mengalami dan pemakluman kebiasaan. Namun coba dech kita sedikit renungkan. kalau perasaan galau jadi trend apakah  itu malah jadi penyakit, dimana kita memelihara kesedihan (baca: kegalauan) atau bahkan mengumbarnya pada orang lain (seluruh dunia). Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu, karena ane juga ngalamin galau (bahkan tingkat dewa..)

  • Pahami apasich yang memicunya

pada dasarnya galau itu suatu perasaan yang muncul saat apa yang kita harapkan berbeda dengan apa yang terjadi. atau jauh panggang dari api (emang sate ayam…). eiits… bukan itu. saat apa yang inginkan itu datang itu akan membuat kita bahagia, terlebih sesuatu yang benar-benar kita inginkan. Seolah-olah hanya itu sumber kebahagiaan kita. Namun apa yang terjadi bila kejadiaan sebaliknya pastinya kita galau. dengan memahami apa yang membuat kita galau berarti kita sudah setengah jalan mengatasi perasaan itu. Jangan malah mengumbarnya (terlebih di sosmed.. hadeh…) terkadang ane bingung dengan orang-orang. ketika update status sedih n kacau galau suasana hati, dan kemudian banyak yang kasih jempol (like…) malah bangga dan bahagianya minta ampun. bukankah itu berarti banyak orang yang suka akan penderitaan kamu..??? haduh…2x..

  • Tarik nafas yang dalam..

Ini bukan latihan hipnotis ya..?? kalau hati ini terasa mau naik ke tenggorokan (wuihh.. serem amat) atau kegalauan kita dah over beud. coba praktekkan cara taichi (emang mau silat). nemarik nafas dalam..2x kemudian menghembuskannya pelan-pelan akan membatu kita menengakan syaraf dan ketenganan pikiran. minimal tenang dulu meskin masalah belum selesai (^_^)

  • Lakukan hal yang menyibukkan

terkadang saat kita galau dan rasa itu semakin menjadi-jadi, berarti kita sedang atau dalam keadaan tanpa kegiatan a.k.a menganggur. Saat seperti itulah pikiran kita kan kemana-mana. nglayap sana-sini, mikirna yang iya-iya (eh salah) yang nggak-nggak. Ketika otak kosong dan tak beraktivitas itulah saat diri ini mudah diserang (emang diserang siapa) ya diri kita sendiri lah. Musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. kontrolah dengan hal-hal yang positif, ex baca buku, maen game, nulis diary (ciee.. lebay…) atau apalah-apalah penting rasa kita teralihkan

  • Hindari mengumbar masalah atau curcol asal-asalan

Ini yang sudah ane bahas di atas tadi. Jangan keburu mengumbar kegalauan atau masalah kepada orang lain atau bahkan berteriak-teriak agar dunia tahu bahwa aku adalah makhluk termalang di dunia (waduh..2xx… berat bosss). Belum tentu yang kita curhati atau curcol itu bisa menyelesaikan masalah. tahan dan tekan tombol (eh salah) emosi kalian. pikir baik-baik (lagi galau koq suruh mikir). kita tidak tahu apakah orang itu ember atau ndak. atau bahkan bisa nambah masalah baru. terkadang saat kita pengen curcol si dianya malah curcol ke kita (hedeh… penyakitan berjamaah dech…)

  • You Can’t Hold but you Can stay Cold

Memang ndak semua halmudah kendalikan. terkadang kehidupan berjalan tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki but itulah hidup penuh dinamika dan fatamorgana (ehemm… kayak lagu…). kita tidak bisamerubah kondisi tapi kita bisa merubah diri kita untuk bersahabat dengan kondisi kata orang keren. kita tidak bisa merubah arah angin yang kita bisarubah adalah layar kita (ciee….)

  • Tiap masalah ada solusi

Yakinlah bahwa setiap masalah ada solusi. memang terkadang kita berlum ketemu karena posisi kita yang sedang bingung. Tuha tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuaanya. Yakinlah itu hukum alam, 1 + 1 =2 pasti ada jalan..

  • The last is tawakal

Saat sudah berusaha semaksimal mungkin dan tetap aja galau. ambil airu wudhu sholat dua roka’at dan serahkan pada yang maha besar. Allah tahu tentang segalanya, Beliau tahu apa yang terjadi nanti dan sebelumnya. Kegalauan itu ada untuk membesarkan hati kita. Jika hati kita mau besar harus bersandara kepada Yang Maha Besar

Jadi Galau itu sebenarnya bukan trend namun suatu kebiasaan buruk yang di maklumkan. Tapi sebernatnya galau itu baik lo… (lohh koq …??) ya GALAU (God Always Listening And Understanding) he..he… jadi kalau kita galau ingan bahwa Allah pasti mendengarkan dan memahami perasaan kita. Curhat sama Allah pasti bahagia, curhat sama manusia siap-siap kecewa.. (^_^)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: