Kiat Mengatur Ritme Hidup

RitmeBanyak orang yang merasa bahwa ritme hidup atau perjalanana hidupnya terlalu cepat. atau bahkan ada juga merasa hari demi hari kehidupan yang dijalaninya sangatlah lambat. semua itu memang tergantung oleh suatu hal yang namanya waktu. Waktu merupakan hal yang berharga dalam hidup. Namun terkadang banyak dari kita yang tidak menyadarinya. sehingga kadang kita merasa sangat sibut dan banyak waktu yang terbuang dengan percuma.  (ehem.. kayak mario brooss aja.. salam kuper..) ^_^

Mengatur waktu terkait erat dengan tujuan hidup atau cita-cita kehidupan seseorang. Karena ketika seseorang pandai dan tepat dalam mengatur waktu dan prioritas kehidupannya. Insya Allah nggak pake suerr pasti sukses.  banyak orang beranggapan bahwa ketrampilan mengatur waktu itu akan diperoleh saat menjalaninya. seiring dengan pengalaman hidup seseorang. Learning By Doing, bahasa jawa kerennya sich gitu (ciie.. sok kemringgris..). Berikut adalah beberapa kiat mengelola waktu yang ane peroleh saat baca buku. Memang catatan ini ane tulis sebagai pengeling-eling (baca: pengingat) karena menurut ane sich ndak ada salahnaya dicatat. dari pada ilmu itu pergi entah kemana, karena otak penulis yang terbatas volumenya (^_^). berikut tips-tips nya:

  1. Buatlah agenda pekerjaan apa yang harus dilakukan setiap harinya. Baik itu pekerjaan sekolah, kantor atau yang lain. (ih rempong amat sich…) . Catatan ini membantu kamu untuk mudah mengingat janji dan mengelola tenaga untuk mengerjakan tugas prioritas. seorang bijak pernah berkata bahwa tugas kita itu lebih banyak daripada waktu dan tenaga yang ada. Biasakan membuat catatan kecil di malam hari untuk menuliskan kegiatan apa saja yang harus kita lakukan esok. Bisa saja ditulis di kertas kecil kemudian di tempel di pintu almari, dinding kamar atau tempat lain yang mudah terlihat agar kita tidak melupakannya. Kalau ane sich biasanya tercapat di smartphone (Hmm… sok.. ah..) yee… bukan sok kalee.. Dalam ponsel biasanya terdapat fasilitas organizer atau note yang bisa ditandai dengan alarm. dengan begitu kita lebih mudah mengelola waktu dan janji kita pada orang. But ati2x.. jangan sampe ada jadwal atau bahkan janji yang bentrok.. waduh.. bisa berabe dan belibet kalau sampe kejadian.. (pengalaman penulis ^_^)
  2. Patuhi jadwal yang sudah dibuat. Jangan sekali-kali mengabaikannya ataupun mengganti, kecuali jika ada hal yang sangat penting dan mendesak. Inilah kesulitan dalam menentukan skala prioritas. pengalaman ane ketika dulu kuliah sambil kerja adalah sulit dalam menentukan sekala prioritas. Disatu sisi kita butuh pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan dan biaya kuliah, disisi lain ketika kuliah harus mencari ilmu untuk menaikan kulaitas hidup. sama-sama penting banget… Namun jangan sampe di tempat kerja memikirkan kuliah, di kelas memikirkan pekerjaan (wah.. ini pernah ane alamin gaesss, rasanya puyeng) bisa jadi kita tidak konsen pada pelajaran di kelas dan berakibat kuliah keok dan juga di tempat kerja kena semprot atasan.. (Sudah jatuh tertimpa tangga, babak belur juga). Disiplin dalam penempatan diri dan menata hati akan membuat kita fokus, meski jadwal pekerjaan yang banyak.
  3. Manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin. Bukan berarti banyak jadwal dan banyak kegiatan kita tidak boleh beristirahat (waduh kita manusia, bukan robot man..). Berikan hak tubuh dan pikiran kita untuk rehat walaupun dalam waktu singkat. akan lebih baik lagi kalau sesuai dengan porsinya. rehat sejenak dimaksudkan agar muncul ide-ide baru dan tenaga yang optimal untuk membuat kemajuan dalam kehidupan kita.
  4. Jangan menunda pekerjaan. Ini yang sering dilakukan orang (bahkan ane juga ^_^). Hindari kata-kata ini saat ada pekerjaan yang (semestinya) bisa diselesaikan saat itu juga. Yaitu “nanti aja lah” “Nanti kalau dah mood“, “masih asyik nih, nanti ya. Kata nanti (biasanya) berujung pada penyesalan. Menumpuk pekerjaan tidak berarti akan mempermudah pekerjaan. Bisa jadi konsentrasi akan buyar karena banyak hal yang harus dikerjakan dan menuntut penyelesaian yang bersamaan.
  5. Biasakan memulai hidup rapi. rapi bukan berati harus pake baju kemeja bersetika rapi, rambut klimis dan berkacamata culun (wkwkkk….) Ini terkait dengan kebiasaan kita dalam menggunakan barang atau alat. terkadang kita meremehkan hal-hal kecil, antar lain dalam merapikan kamar, merapikan tas, menata meja kantor dsb. karena biasanya kita sering banyak kehilangan moment dan waktu dengan hal yang remeh, seperti mencari ballpoint yang entah kemana padahal ada pada saku baju yang kita pakai (pengalaman… ^_^)
  6. Instropeksi diri. bahasa gaulnya sich muhasabah (ehemm…) lakukan evaluasi terhadap pelanggaran dan kesalahan akan jadwal yang kita buat, kemudian cari solusinya. Setelah itu tekadkan diri untuk tidak mengulangi kesalahan serupa. buatlah agenda yang lebih relaistis agar tidak menyulitkan diri sendiri.
  7. Jangan menyalahkan orang lain. Terkadang saat kita melakukan kesalahan atau mungkin keritme hidup kita amburadul ndak karuan, akan lebih mudah menyalahkan orang lain. kayak peribahasa “gajah dilautan akan tampak, semut di depan mata sendiri kelilipan“(wkwkwkwk……) selalu lihat diri sebelum lihat orang lain. seperti kata om deddy corbuzier “sebelum kita mencoba untuk membenar-benarkan sesuatu, ngaca dulu dech…!!

ketrampilan mengatur waktu akan membawa manfaat bagi kita, seperti lebih bersemangat dan greng dalam menjalani hidup, semua kegiatan hidup seimbang selaras, lebih mudah mencapai apa yang kita inginkan plus cita-citakan, menambah motivasi untuk berbuat baik dan yang paling penting adalah terhindar dari keletihan kronis akibat stress karena penumpukan pekerjaan. hee..he… semoga bermanfaat (terutama bagi ane) dan semoga hidup kita Mempunyai ritme yang indah dan bernada merdu ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: