Adakalanya orang menganggap bahwa profesi programmer itu adalah profesi yang kurang menjanjikan, kurang bisa memberikan kesejahteraan.(benarkah..?? dibandingkan dengan pegawai plat sih iya) . Tapi survey membuktikan bahwa dimasa yang akan datang profesi ini akan menguasai segala lini, segala bidang kehidupan. karena tidak ada bidang kehidupan mana pun yang tidak menggunakan komputer dan software aplikasi sebagai penunjang prosesnya.

Adakalanya mahasiswa atau pelajar yang sudah belajar IT atau masuk dalam akademik di dunia IT. merasa kesulitan dalam belajar pemrograman, khususnya bahasa pemrograman apa yang akan di pelajari. ada yang pernah curhat ke saya, berikut adalah berbagai macam celoteh mereka yang saya rekam :

“Pak sebaiknya untuk dasar dan nanti pasti laku dipasaran enaknya kita fokus dalam pemrograman apa ?”

“Bahasa pemrograman Koq banyak amat sih ? jadi bingung”

“Di akademik diajarkan bahasa ini, tapi di industri koq ndak dipake lagi ?”

dan masih banyak lagi kegalauan orang yang mau belajar pemrograman. hal itu wajar karena mereka tidak berorientasi ke arah pemahaman secara konseptual, namun lebih kearah pemahaman instan seperti, program ini laku atau ndak, atau berorientasi pada materi belaka. ingat ilmu itu kedudukannaya lebih tinggi daripada uang (^_^). berikut saya sampikan tips dan trik untuk belajar pemorgraman :

  1. Niat dulu. Segala macam hal itu diawali dengan niat, apakah motivasi kita belajar pemrograman hanya untuk pelangkap nilai, atau mungkin hanya sebagai gelar saja. luruskan niat, seorang programmer adalah orang yang solutif yang pastinya orang solutif itu bermanfaat bagi sekitarnya. niatkan untuk bermanfaat bagi sekitarnya.
  2. Pahami Konsep Algoritma Bukan Coding. hal ini yang membuat banyak kalangan programmer pemula gagal dalam mempelajari bahasa pemrograman. jangan hafalkan code tapi alur dan struktur data
  3. Cari bahasa pemrograman yang pas. ini sesuai dengan hati nurari, kita cenderung ke bahasa pemrograman web (HTML, CSS, PHP) , Desktop (Delphi, Java Desktop, Visual Basic) atau Mobile (Android, IOS Development). ingat baik-baik konsumen itu jarang peduli dengan bahasa pemrograman yang digunakan. yang penting adalah aplikasi yang kita buat itu menyelesaikan masalahnya.
  4. Bersikaplah Terbuka. Banyak kalangan Programmer yang terkesan introvert atau menutup diri. ilmu yang bertambah adalah ilmu yang dibagikan. Toh kita juga mendapatkannya dari orang lain, bergabunglah di Fanpage, Group FB programmer seperi Forum PHP, Ayo Belajar Phyton dan masih banyak lagi
  5. Catat dan Catat. Ikatlah ilmu dengan menulisnya. pepatah ini cocok banget dilakukan bagi para calon programmer masa depan. selain sebagai dokumntasi praktikum kita. itu juga sebagai portofolio kita nanti saat masuk dalam dunia kerja. jadi saat diwawancara tinggal tunjukan link blog atau homepage kita.
  6. Meningkatkan Pengetahuan. ikutilah training dan proses sertifikasi IT. karena itu akan menunjang keberhasilan Anda Dimasa yang akan datang.
  7. Belajar Seumur Hidup. Itu tidak hanya hadist namun sangat berlaku dalam dunia IT. Ilmu dalam IT lebih cepat kadaluarsa. Jika kita terpaku dalam suatu disiplin ilmu maka matilah kita. belajar terus menerus dan jangan mudah putus asa.

Diatas adalah beberapa tips bagi programmer pemula, jangan takut untuk jadi pemula (newbie) karena tidak ada mastah kalau pemula tidak ada. semua berawal dari pemula. Linus Trovald dan Bill Gates awalnya adalah pemula. Kalau bukan kita yang mulai siapa lagi. Jangan Takut jadi Programmer, jangan Takut Coding, Semua itu menyenangkan asalkan kita bisa (^_^)