Halo Programmer masa depan… Gmn kabarnya??? Pada tulisan kali ini saya tidak ingin mengulas mengenai pemrograman (Lha kenapa? dah boring yah). eits… tunggu dulu. Kali ini saya akan membagi pengalaman saya belajar jaringan komputer dengan linux. Kenapa belajar jaringan di linux ? memang penting buat programmer? Jelas penting. Karena dengan mengetahui dasar jaringan komputer dan sistem operasi linux. Kita akan lebih paham implementasi coding kita di dunia nyata.

 

Dilansir dari apache foundation bahwa linux menguasai 60% lebih penggunaan server di internet. Hal ini membuat kita sebagai developer mau tidak mau harus mempunyai perhatian khusus pada linux. Salah satu faktor penyebab kepopulerannya adalah sifatnya yang opensource

Jika ingin mengembangkan aplikasi mobile. Belajar linux merupakan suatu nilai tambah yang membuat aplikasi anda mudah diterima market. Data dari wikipedia Usage share of Operating System Penggunaan Android (Linux) hampir mendominasi seluruh pengguna smartphone di dunia. So tidak alasan tidak belajar linux bagi seorang developer.

Belajar jaringan komputer jua mendukung developer dalam mengembangkan arsitektur aplikasi yang ingin dia bangun. Sehingga pengembangan aplikasi akan lebih optimal dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan

Berikut daftar Panduan Belajar Jaringan Komputer dengan Linux yang saya buat

Diharap panduan diatas menjadi alternatif dan solusi untuk belajar jaringan komputer secara murah dan tentunya tidak mencuri he..he..

nb : list mungkin akan diupdate seiring dengan waktu dan pengalaman belajar